Wisata Unik di Solok (Gua Ngalau)

Wisata Unik di Solok - lebih tepatnya terletak  di perbatasan antara Nagari Tanjung Alai dengan Nagari Sulit Air. Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. wisata ini disebut dengan Gua Ngalau. Atau lebih Tepatnya di Danau Singkarak.

Untuk pertama kali ini saya bercerita tentang tentang wisata unik yang akan membuat anda penasaran, yang mana wisata ini tersembunyi dan unik karna bentuknya menyerupai kapal, dan belum diketahui asal usulnya sama sekali, menurut keterangan warga setempat, "katanya" tempat tersebut sudah ada sejak nenek moyang terdahulu dan katanya tempat tersebut merupakan kapal dari zaman dahulu," tapi itu keterangannya belum pasti dan masyarakat setempat menyebutnya dengan Gua Ngalau.

Gua Ngalau di Nagari Tanjung Alai dengan Nagari Sulit Air. Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten dan Keunikannya

Gua Ngalau ini memang unik, banyak ngalau atau gua yang ada di Sumatera Barat tetapi inilah salah satu ngalau atau gua yang sangat unik, ciri ciri keunikannya adalah dari pintu masuk kemudian Ngalau ini memiliki lorong yaitu samapai sepuluh lorong untuk menempuh lorong memang agak terkendala karena akses untuk kesana agak rumit dilalui dikarenakan jarang di tempuh (masih alami). 

Wisata Unik di Solok (Gua Ngalau)

Mau tau kronologisnya,? yuk sama sama kita simak di bawah ini dan ini merupakan Keterangan dari Warga setempat atau masyarakat disana, yang sudah menempuh setiap lorong gua ngalau itu, yang ada beragam keunikannya : 

  1. Dilorong pertama adanya aliran air (sungai) yang mana sungai tersebut semakin ditelusuri kedalam, maka air sungai tersebut semakin dalam untuk mengakses kedalam harus ada cahaya penerangan. 
  2. Dilorong kedua Sarangang kelelawar, yang mana disini memiliki dua pintu masuknya kelelawarnya bergelantungan di langit-langit Gua. 
  3. Dilorong ketiga, disana memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya batu yang menyerupai bayi, ada wajan besar yang juga  sudah membatu, ada batu yang menyerupai kursi raja dan masih banyak lagi lainnya dan disitu menurut keterangan dari warga disana ada kamar (bilik) sebanyak 12 (dua belas) kamar, tetapi yang dapat ditemukan hanyalah 4 kamar saja, karna tempatnya jarang diakses oleh orang sehingga 8 kamar yang lainnya mulai tertutup. Tetapi kalau ditelusuri bisa ditemukan.
  4. Dilorong keempat yang terletak di Sanding atau sudut dari kapal (Gua Ngalau) disana banyak sarang lebah liar. 
  5. Dilorong kelima atau berlawanan arah dari lorong keempat, kira kira gambaran dari Gua tersebut menyerupai Segitiga disana merupakan hamparan sawah.
  6. Dilorong keenam terletak di rumpun kayu, untuk ukurannya lorong tersebut seukuran badan manusia dewasa, untuk mengaksesnya harus masuk dengan tali kira kira 20 meter kedalamnya. disana di dalamnya banyak batu yang mengkilat, atau memantulkan cahaya. dan menurut keterangan warga, di lorong ini memiliki banyak bilik, yang belum tahu berapa jumlahnya, tetapi ada salah satu bilik yang dapat menuju keatas, jika dimasuki tidak dapat tembus atau sangat dalam. 
  7. Dilorong yang ketujuh memiliki tiga lorong lagi (bercabang tiga) bisa dikatakan lorong kesepuluhnya. Disinilah lubang yang bisa dikatakan sangat mengerikan, untuk masuk kesana harus dengan tali, berdasarkan keterangan dari warga, ada yang sudah mencobanya yang katanya "sepanjang tali yang dibawanya belum juga mencapai dasar dari tempat tersebut", tetapi suara air mengalir sangat jelas kedengaran namun air tersebut tidak dijumpai dan tempatnya sangat gelap.

ada banyak hal yang bersifat Mistik disana yang mengatakan ada orang yang ingin mengambil sesuatu disana bisa dikatakan pusaka atau sebuah peninggalan yang sampai sekarang tidak diketahui pasti kebenarannya. kemudian ada juga orang menangkap ular disana, setelah ditangkapnya kemudian orang yang menangkap ular tersebut mengantarkan kembali ular itu ke tempat dimana ditangkapnya. dan masih banyak lagi hal yang bersifat mistik disana yang kebenarannya masih samar samar, mungkin hal ini kembali kepada kita untuk menanggapinya, percaya atau tidaknya tergantung kepada kita sendiri yang menanggapinya.dan Maha besar Allah yang telah menciptakannya.

Wisata Unik di Solok (Gua Ngalau)

 Sehingga kalau anda berkunjung kesana di harapkan untuk Sopan, dan tidak takabul. sebab untuk menghindari hal hal yang tak sewajarnya. Dan sebagaimana tempat lain pun juga demikian, Seperti halnya dalam mendaki gunung, atau dimana anda menempuh lingkungan baru.

Menurut Mitosnya atau sejarah dari Gua Ngalau yang beredar di masyarakat sana disana bahwasannya : Ngalau tersebut merupakan Kapal yang telah membatu, dan didalamnya memang berbilik bilik (berlorong lorong). memang sulit dipercaya tetapi cobalah anda perhatikan Ngalau tersebut dari jauh, memang iya ngalau itu menyerupai kapal yang tersangkut dan yang lebih menariknya arah kepala kapal itu mengarah ke Danau Singkarak. yang merupakan tempat dimana kapal (Gua Ngalau) itu berada dan masih banyak lagi mitos di Gua Ngalau ini yang sampai sekarang masih menjadi misteri.

Yang jadi pertanyaanya, Kenapa Gua Ngalau ini tidak diketahui atau tidak begitu populer, seperti halnya Gua Ngalau atau gua yang terbentuk secara alami lainnya yang ada di Propinsi Sumatera Barat.? menurut saya yang berkunjung ke sana tetapi saya belum menelusuri atau masuk ke Gua Ngalau. Yang paling utama yaitu akses jalan menuju ke sana memang masih merupakan jalan untuk orang berkebun dan itupun jarang di tempuh. 

Wisata Unik di Solok (Gua Ngalau)

Kabarnya, Sekarang baru baru ini akses untuk menuju kesana sudah di renovasi. Penasaran cobalah berkunjung kesana, selain keindahan alamnya yang sangat indah dan unik, dan sebelum menuju kesana anda dapat singgah terlebih dahulu di Danau Singkarak. dalam perjalanan menuju kesana anda akan melihat danau Singkarak dari ketinggian, kemudian ditambah lagi dengan banyaknya tempat persinggahan seperti Panorama sebelum kesana kemudian adanya Paralayang dan masih banyak lagi. O' iya Jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan dimansa Pandemi Covid-19 ini tetap pakai masker, jaga jarak dan pastikan anda sudah divaksin.

Wisata Unik di Solok (Gua Ngalau)

Wisata Unik di Solok (Gua Ngalau)

itulah yang dapat saya ceritakan (kabarkan) dari Wisata unik di Solok, kalau ada kekurangan dari artikel ini silahakan untuk momentar di bawah kemudian saya mohon untuk minta maaf mana tau ada kata yang salah terucap. Jika anda tertarik piknik kesana  untuk berwisata sekalian anda bisa membawa oleh oleh disana yang paling fenomenalnya yaitu Beras Solok, ikan bilih dan lain sebagainya. sekian dulu dari saya Wassalam.

2 Responses to "Wisata Unik di Solok (Gua Ngalau)"

  1. Mantap min... Lumayan Merinding Juga ya he he he he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha.. iya ya..
      makasih..
      masih banyak lagi lo,, uniknya..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel